Sambal Ambruk, yang pedas dan menggoda dari Darmayasa

Darmayasa adalah salah satu desa penghasil cabai terbesar di Kecamatan Pejawaran. Dengan hasil cabai yang begitu melimpah namun harga cabai mentah yang sangat minim di pasaran, memaksa masyarakat desa ini untuk berinovasi dan mencari alternatif pemasaran cabai dengan cara yang anti-mainstream. Salah satunya adalah dengan mengubah cabai mentah ini menjadi sebuah produk sambal rumahan dalam kemasan yang dinamakan sambal ambruk.

Sambal Ambruk adalah kuliner asli khas desa Darmayasa kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara yang dicetuskan oleh Karang Taruna Bramasari bekerjasama dengan Tim KKN Unsoed 2019 Desa Darmayasa beberapa waktu lalu sebagai salah satu hasil inovasi kreatif terhadap hasil produksi cabai.

Sekretaris desa Darmayasa, Purwati, mengatakan bahwa hasil inovasi dan kolaborasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa darmayasa selaku petani cabai pada umumnya dan kader pemberdayaan perempuan, remaja serta karang taruna desa pada khususnya. Dengan tetap mengutamakan kualitas rasa dan higenis, dia berharap produksi Sambal Ambruk ini  akan bisa bersaing dengan sambal kemasan sejenis dan mampu menembus pasar luar daerah.

Sambal ambruk sendiri terdiri dari 5 Varian rasa dengan 3 level yang berbeda yaitu :

  1. Rasa Petai
  2. Rasa Jengkol
  3. Rasa Teri
  4. Rasa Ayam Suwir
  5. Rasa Ati Ampela

masing-masing rasa tersebut memiliki 3 level yaitu:

  1. Level AH! Untuk kategori pedas yang tidak begitu pedas
  2. Level OH! Untuk kategori pedas sedang
  3. Level YES! Untuk kategori sangat pedas

Dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet, ketahanan produk ini telah diuji hingga mampu bertahan selama tiga minggu dan untuk menjaga kesegarannya disarankan untuk tidak berada di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, tidak membuka terlalu lama tutup toples dan tidak menggunakan tangan saat mengambil sambal dari toples.

” Selai itu disarankan menggunakan sendok agar terjaga kehigenisannya” tambahnya.

Berminat ? cukup dengan harga 15 ribu sampai dengan 25 ribu (belum termasuk ongkos kirim) saja sambal ambruk ini bisa dinikmati. Berikut rincian harga per kemasannya :

  1. Petai Rp. 20K
  2. Teri Rp. 20K
  3. Ayam Suwir Rp. 25K
  4. Ati Ampela Rp. 25K
  5. Jengkol Rp. 15K

 

Sumber : sambalambruk

Author: arif al azis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.