Forum Diskusi dan Laporan

Notifications
Clear all

Banjarnegara Diterjang Longsor  

  RSS
nana
 nana
(@nana)
New Member

Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Petaka Wilayah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Arief Rahman menjelaskan longsor menerjang sekurang-kurangnya lima titik di Banjarnegara, Jawa Tengah. Longsor itu karena hujan deras yang berlangsung berja-jam mulai sejak Rabu (8/1) siang sampai malam hari.

"Ada dua tempat insiden tanah longsor yang tutup ruas jalan propinsi. Insiden pertama ke Rabu (8/1) malam di ruas jalan propinsi yang mempertautkan Wanayasa-Batur, persisnya di Sikelir, Kecamatan Wanayasa," kata Arief, Kamis (9/1) diambil dari Di antara. Menurutnya, ada lima titik longsoran di Sikelir serta sampai Kamis (9/1) pagi masih dijalankan pembersihan pada ruas jalan yang tertimbun longsor dengan mengerahkan alat berat.

Sesaat insiden longsor ke dua berlangsung ke Kamis (9/1) pagi yang tutup ruas jalan propinsi Banjarnegara-Karangkobar di Dusun Bolang, Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar. "Kami tengah ke arah tempat insiden longsor di Slatri untuk buka ruas jalan propinsi yang tertimbun tanah dari tebing. Ruas jalan propinsi itu tertutup keseluruhan sampai-sampai tak dapat dilewati kendaraan," tuturnya.

Selanjutnya, Arief menjelaskan menurut hasil perhitungan ke hari Rabu (8/1) sampai Kamis (9/1) jam 08.00 WIB, terdaftar udah 12 insiden tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara, dua salah satunya yang berlangsung di ruas jalan propinsi Sikelir serta Slatri. Menurutnya, 10 insiden longsor yang lain ada di arah Sumberejo ke arah Sidengok sebagai jalan desa di Kecamatan Pejawaran, longsor di permukiman harga ram pc penduduk Dusun Sipreng, Desa Kalisat Kidul, Kecamatan Kalibening.

Sesudah itu, tebing longsor di Tanjakan Princigan ruas jalan Ratamba ke arah Batur sebagai jalan desa, longsor di ruas jalan kabupaten yang masuk daerah Karangnangka, Desa Binangun, Kecamatan Karangkobar. Lantas longsor di permukiman Dukuh Sidamulya, Desa Leksana, Kecamatan Karangkobar, yang meneror satu rumah penduduk, longsor di jalan desa yang mempertautkan Gumelar dengan Karangkobar, longsor di permukiman Dusun Sawalan RT 05 RW 03, Desa Kalisat Kidul, Kecamatan Kalibening, serta longsor di jalan desa Dusun Sruni RT 04 RW 04, Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa.

Data insiden petaka di Kabupaten Banjarnegara mulai sejak awal Januari 2020 sampai pagi hari ini (9/1) terdaftar sejumlah 26 insiden yang terdiri atas 18 insiden longsor, satu insiden banjir, satu insiden kebakaran, serta enam insiden angin kencang. "Insiden itu berefek pada 15 unit rumah rusak tengah, delapan rumah rusak mudah, serta infrastruktur jalan di 16 tempat," kata Arief. Berkaitan dengan hal demikian, ia menghimbau orang selalu untuk hati-hati serta waspada ke-tiga hujan mulai turun sebab cuaca berlebihan diperkirakan akan tetap ada sampai Februari 2020.

Quote
Posted : 31/01/2020 6:42 pm
Topic Tags

Leave a reply


 
Preview 0 Revisions Saved
Share: