Forum Diskusi dan Laporan

Notifications
Clear all

Mengenal Banjarnegara yang Viral dengan Gaji Bupati Rp 5,9 Juta, Sejarah Perang Diponegoro di Pinggir Sungai Serayu Halaman  

  RSS
dahliati
(@dahliati)
New Member

Besarnya gaji Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budi Sarwono sebuah warganet percakapan, setelah gaji upload Instagram resmi rekening Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara.

Berdasarkan slip gaji upload, total gaji yang diterima sebanyak US $ 5.961.200.

Dilansir dari Kompas.com, gaji pokok yang diterima oleh bupati sebesar Rp 2,1 juta. Kemudian tambahkan 10 persen tunjangan dan dukungan anak di 2 persen.

gaji juga termasuk tunjangan dan beras tunjangan.

Selain gaji, Bupati Banjarnegara juga menerima nabi ibrahim dana operasional, yang jumlahnya sekitar Rp 31 juta.

Budhi Sarwono adalah Bupati Banjarnegara 16 Kabupaten periode 2017-2022.

Frost timbul dari penurunan suhu hingga minus tujuh derajat Celsius menyelimuti Arjuna kompleks candi, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (2019/06/25). Frost timbul dari suhu ekstrim menurun ke bawah nol derajat Celcius, telah ada sebanyak kali sepuluh sejak pertengahan Mei, dan daya tarik utama bagi wisatawan.

Frost timbul dari penurunan suhu hingga minus tujuh derajat Celsius menyelimuti Arjuna kompleks candi, di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (2019/06/25). Frost timbul dari suhu ekstrim menurun ke bawah nol derajat Celcius, telah ada sebanyak kali sepuluh sejak pertengahan Mei, dan daya tarik utama bagi wisatawan. (AFP PHOTO / IDHAD ZAKARIA)

Dilansir dari banjarnegarakab.go.id ,, sejarah Banjarnegara tidak lepas dari Perang Diponegoro.

Pada saat itu, Sri Susuhunan Pakubuwono VII mengusulkan bahwa Anggota R pahlawan Dipoyudo IV diatur menjadi berdasarkan Bupati Banjar Resolutie Governeor Umum Buitenzorg pada tanggal 22 Agustus 1831 nomor I.

Usulan itu dibuat untuk R Tumenggung Dipoyudo IV dikreditkan kepada Pemerintah Mataram.

R Tumenggung Dipoyudo IV diusulkan untuk mengisi posisi yang telah dihapus Status Bupati Banjar, yang berbasis di Banjarmangu dan dikenal Banjarwatulembu.

usulan itu disetujui.

Ibukota kabupaten kemudian pindah ke Serayu selatan (sekarang Kota Banjar) untuk memfasilitasi komunikasi dengan Kasunan Surakarta.

Sebelum ibukota dipindahkan, kesulitan Bupati menghadiri Pasewakan Agung di Kesultanan Surakarta sejak Serayu sering meluap.

R.Tumenggung Dipoyuda menjabat Bupati sampai tahun 1846, kemudian diganti R. Duke Dipodiningkrat.

"Shaun the Sheep" di Banjarnegara

Batur domba Dieng

Batur domba Dieng (Doc. Herlina)

Salah satu sumber daya genetik ternal lokal Indonesia berkembang di Kabupaten Banjarnegara sejak tahun 1974 adalah domba rak.

Sepintas mengingatkan kita Batur domba dengan sosok kartun Shaun Domba.

Selain lucu dan menggemaskan, rak domba yang memiliki baik karakteristik laki-laki atau perempuan tidak memiliki tanduk.

Warna bulu dominan putih dan menutupi dia di depan. Wujudnya juga cenderung lebih lucu dengan postur yang kuat dan kaki berbulu tebal.

Staf Ternak Departemen Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Hastuti Indri mengatakan Batur adalah produsen wol domba dan daging.

domba Batur adalah keturunan dari penduduk asli domba Merino Australia.

Sementara domba di Kabupaten Banjarnegara merupakan hasil persilangan domba Merino keturunan Tapos (laki-laki) dan domba lokal Dieng (betina).

Domba kemudian dikembangkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat.

"Dibandingkan dengan domba biasa, ia adalah lebih besar dari domba-domba lain,"

Quote
Posted : 13/01/2020 10:25 pm

Leave a reply


 
Preview 0 Revisions Saved
Share: